Diary Annie: Malam Jum’at Kliwon

Kalo menjadi pengangguran itu melanggar hukum, pasti orang seperti Vera Herlambang alias Bambang itu, udah bolak-balik masuk penjara. Kalo menjadi pengangguran itu artinya bersahabat dengan setan, maka Vera udah dipastikan matinya masuk neraka. Untunglah, di Indonesia, menjadi pengangguran hanya masalah pribadi yang sama sekali gak ada hubungannya dengan penjara atau neraka.

Sejak muda, Vera sulit dapet kerja. Bukan nggak niat nyari, tapi kebanyakan karena ditolak mulu. Bahkan dia pernah ditolak sebelum melamar. Beberapa satpam di berbagai perusahaan bahkan buru-buru menutup pintu gerbang begitu mencium gelagat kalo Vera sedang dalam perjalanan di angkot menuju kantor mereka. Tragis memang, tapi gue bisa apa? Sebagai temennya, gue cuma bisa ngedo’ain supaya Vera kelak masuk surga. Selain itu, juga supaya Vera tabah, gue coba membesarkan hatinya dengan cara di-zoom-in sampe 400 kali. Pokoknya, Vera akhirnya tabah dalam penganggurannya.

Malam ini, gue dikagetin oleh hantu Vera.

Hantu?

Iyalah, siapa lagi yang ngetok-ngetok jendela kamer di jam sebelas malam Jum’at kliwon begini kalo bukan hantu?

Tok,tok,tok…

Pas gue buka tirai jendela, gue lihat sosok Vera di balik kaca jendela kamar gue. Sosok itu mengenakan kemeja putih rapi, dimasukkan dalam celana panjang hitam. Kepalanya yang botak tetaplah botak. Dan jerawatnya juga keliatan seperti asli. Tapi gue yakin, dia bukan Vera, melainkan arwahnya yang gentayangan. Gue sering denger cerita begini. Orang yang meninggal dan ngedatengin sahabatnya yang gak tau kalo dia meninggal. Jangan-jangan Vera…udaaah…maaa…

“Ya Allah, secepat ini Vera Kau panggil? Dia masih terlalu muda..” Gue sedih banget,saking sedihnya gue sampe lupa sama rasa takut gue. Gue nyesel, sejak pagi emang gue nggak nyambangin Vera atau nyuplai kopi buat sarapannya seperti biasa. Gue lagi banyak editan dan sedikit melupakan sobat gue itu. Dan baru sekarang gue nyadar kalo Vera juga nggak muncul seharian. Mungkin ini jawabannya. Arwahnya ngedatengin gue, ngasih tau kalo dia mati. Dia matiiii… :’((

Samar-samar gue denger suaranya manggil-manggil. “Ann,buka jendelanya Ann…”

Yang bener aja, dia pengen nakutin gue?

“Ann! Bukaaaa…!!” Dia malah ngegedor-gedor jendela.

Okelah, gue buka aja jendelanya, tapi sebelumnya gue menyambar buku yasin dulu dari atas rak buku. Gini-gini, gue juga kan sering ngaji. Pelan-pelan, gue buka jendelanya.

“Ann, gue boleh masuk gak? Banyak semut nih di tanah!”

“Jangan Ver! Cukup! Jangan nakutin gue!”

Vera malah bengong liat gue histeris. “Kenapa sih lo?”

“Ver, kalo lo mau pamitan, pamitan aja. Atau kalo lo mau nunjukin di mana jasad lo berada, sebaiknya lo hubungi pak RT, bukan gue…” gue gemeteran sambil mengacungkan buku yasin.

Vera keliatannya mulai nyadar apa yang terjadi. Dia kemudian terdiam, mengamati seluruh tubuhnya. Tangannya, perutnya, kakinya…

“Mak..maksud lo…gue ini…han…hantuu?” tanyanya terbata-bata.

Gue mengangguk gemeteran. Kemudian, gue sama Vera, tau-tau udah sama-sama teriak ketakutan. Vera lompat masuk ke kamar lewat jendela dan meluk gue erat-erat. Gue langsung melepaskan pelukannya dan mendorong Vera jauh-jauh sampe nabrak tembok.

Saat itulah gue nyadar, kalo Vera hantu, gak mungkin dia kesakitan pas nabrak tembok. Harusnya dia kan nembus tembok..

“Ver! Lo hantu apa orang sih?!”

“Kata elo tadi gue hantu, yaudah gue sih nurut aja apa kata lo!”

“Yeee, elo orang tau, bukan hantu!”

“Terus, kenapa lo tadi bilang gue hantu?”

“Pertama, elo muncul pas malem Jum’at kliwon di jendela kamer gue. Kedua, pakaian lo tuh nggak biasanya. Rapi banget. Ketiga, lo gak muncul seharian ini. Ya jelas gue pikir lo udah mati, trus lo ini hantu yang mau ngasih tau kabar kematian lo ke gue!”

“Sarap lo ya!” Vera menoyor kepala gue. “Gue masuk lewat jendela soalnya tadi ngetuk pintu kaga ada yang denger! Lagian, gara-gara urusan demo massa kemaren, nyokap lo kaga pernah mau kasih gue pintu. Trus, pakaian gue rapi karena gue abis kerja. Dan gue ngilang seharian, karena gue kerjaaa…!”

“Apaaa?! Lo kerja? Kerja di mana???” gue melotot penasaran demi mendengar berita yang lebih cetar daripada gosip bunda putri. Vera diterima kerja? Subhanallah…

Vera menepuk dadanya.”Kenalin nih, gue sekarang jadi reporter majalah! Status gue emang masih percobaan, belom wartawan tetap. Tapi gue udah kerja, that’s the point!”

“Alhamdulillaaaah…!! Selamat ya Ver, akhirnya lo kerja juga. Gimana ceritanya lo bisa dapetin kerjaan itu?”

“Ceritanya panjang, ntar aja itu gue ceritain, kalo udah punya anak cucu. Sekarang, gue mau minta bantuan lo…”

Yah, buntutnya pasti pinjem duit. Buat modal ongkos kerja.

“Eit,kagaa! Gue gak minjem duit!”

Apa ekspresi gue yang khawatir diutangin begitu keliatan ya?

“Nih, gue mau minta tolong ama lo, berhubung elo adalah editor keren.” Vera merogoh saku bajunya, terus mengeluarkan flashdisk 4 giga yang disodorkan ke tangan gue. “Tolong editin berita hasil liputan gue ini, karena gue takut ada yang salah kata, sementara ini adalah berita pertama gue yang bakal turun minggu ini.”

“Wah, lo bener-bener serius nih kerja jadi wartawan? Keren bingit…” Gue terkagum-kagum sambil menerima flashdisk dari tangan Vera.

“Iya dong, itu hasil liputan gue seharian ke lapangan. Tolong ya, besok-besok gue traktir dengan gaji pertama gue. Ada di file My Project ya. Nama filenya Liputan 1.”

“Oke deh, buat kapan nih? Gue lagi banyak editan soalnya.”

“Besok pagi. Lo kerjain malam ini ya. Kalo nggak, gue bocorin rahasia lo ke Mang Dadang tukang indomie depan kompleks bahwa lo pernah ngefitnah dia ke Pak RT dengan gosip keracunan massal.”

“Oke,oke, cukup! Gue kerjain sekarang juga! Lo mendingan pulang sana!” Tanpa sadar gue menyerahkan buku yasin ke tangan Vera.

“Kenapa lo ngasih gue yasin?” Vera terheran-heran.

Gue langsung merebut kembali yasin gue.”Sorry lupa, mau gue taro sebenernya. Tadi sih mau gue pake ngusir hantu elo.”

Vera menggeleng-geleng. “Masya Allah, Ann, ayat suci itu bukan buat dipajang doang sambil berharap bisa buat ngusir syetan. Ayat suci itu dibaca, diamalkan, dijadiin pedoman hidup. Kalo badan lo terisi ayat Allah, insya Allah, syetan juga takut ama lo!”

Idih, tumben banget dia ngomong gitu. Gue masih melongo takjub sampe Vera akhirnya menghilang di balik asap, eh jendela. Dan baru nyadar ketika mendengar suara jam di ruang tengah rumah gue berdenting dua belas kali. Gue cepet-cepet kembali ke depan laptop gue, terus membuka file dari flashdisk Vera, mencari My project, Liputan 1 dan….

“Veraaaa….!!!!” gue menyambar handphone, memencet nomer hp Vera, dan begitu tersambung, gue langsung ngomel-ngomel sambil gemeteran. “Ver, lo kerja di majalah apa sih?!”

“Majalah MisTik. Emang kenapa, Ann?” tanya Vera di seberang sana, tanpa dosa.

“Bawa lagi nih liputan lo! Tega banget malem Jum’at gini lo suruh gue ngedit gituan! Pokoknya gue gak maaauuu…!!” Gue langsung matiin hape, kemudian buru-buru menshutdown laptop gue sebelum gue kembali membaca judul liputan pertama Vera yang berjudul: Kesaksian Seorang Juru Kunci Makam Mbah Kliwon.

2 responses to this post.

  1. Lanjuuut! Hihi sukaaa!

    Reply

Leave a comment